-->
Thursday, December 26, 2013

70 Tips & Trik Photoshop


70 Tips & Trik Photoshop
1. Cara Mengganti Tampilan Background Adobe Photoshop
Warna abu-abu pada background adalah warna default bawaan program Adobe Photoshop. Jika anda bosan dengan warna tersebut, anda dapat merubahnya dengan cara mengklik Paint Bucket Tool(G) + Shift dan klik di bagian background. Ubah warna background sesuai keinginan anda seperti halnya warna foreground.
2. Menekan Tombol  Shift + Mengklik Bar
Apabila anda menekan tombol Shift dan mengklik bagian atas toolbar dan palette maka akan memindahkannya ke sisi tepi terdekat.

3. Mengklik Dobel Jendela Palette
Klik Dobel bar berwarna biru dari setiap jendela palette apapun yang ada di layer Photoshop untuk memperkecil ukurannya.
4. Mengklik Dobel Background
Jika anda mengklik-dobel pada background berwarna abu-abu maka akan membuka opsi file. Pada versi Adobe Photoshop CS2 akan membuka boks dialog Open. Sementara itu apabila anda menekan Shift + mengklik-dobel background maka membuka browser.
5.  Memperkecil dan Memperbesar
Tekan tombol [ctrl] sambil menekan tombol [+] untuk memperbesar tampilan gambar dan [-] untuk memperkecil tampilan di layar.
6. Mewarnai Seluruh Layar
Dengan menekan [Alt] + [backspace] dan [ctrl] + [Backspace] secara bersamaan maka akan memberi warna seluruh layar dengan foreground color atau background color. Tombol [Shift] + [Backspace] akan membuka jendela option. Sementara itu, paduan [Alt] + [Shift] + [Backspace] dan [Ctrl] + [Shift] + [Backspace] akan memberi warna pada gambar dengan foreground color atau background color namun tidak menyertakan area Alpha transparent.

7. Menampilkan Thumbnail

Klik menu [File] > [Automate] > [Contact Sheet II] lalu arahkan ke folder yang berisi koleksi foto anda, maka Photoshop akan menampilkan semua file yang terbuka dalam ukuran thumbnail. Pada versi Photoshop sebelum Photoshop CS2, thumbnail ada di [Contact Sheet].
8. Mereset Foreground dan Background
Tekan tombol [D] untuk mengembalikan foreground color kewarna standar hitam-putih.
9. Menyimpan Area Kerja
Saat proses mengedit foto atau mengolah grafis belum selesai, anda dapat menyimpan area kerja berikut palette, shortcut, dan menu hingga mempermudah penggunaan dilain waktu. Klik menu [Windows] > [Workspace] > [Save Workspace].
10. Menggunakan Grid
Aktifkan grid dari menu [View] > [Show] > [Grid]. Klik pada pojok kiri atas grid dan drag gambar ke area lain untuk menentukan titik putaran atau pivot.
11. Mengatur Blending Mode Apabila anda akan memberikan adjustment layer untuk mengatur warna, brightness, atau contrast, maka setel Blending Mode menjadi normal.
12. Mengembalikan Palette
Kadang ketika mengolah foto, anda membuka banyak palette dan Tool box di area kerja yang saling menumpuk dan berserakan. Parikan kembali dengan fungsi Reset Palette Locations yang bias dibuka dari menu [Window] > [Workspace] > [Reset Palette Locations].

13. Men-zoom dengan Mouse

Apabila mouse anda memiliki fasilitas tombol scroll, maka bisa digunakan untuk men-zoom in (scroll up) atau zoom out (scroll down) tampilan.

14. Memperbesar Jendela Dokumen

Tekan tombol [Ctrl] + [Alt] + [+] untuk memperbesar jendela dokumen, sementara untuk mengecilkannya kembali tekan [Ctrl] + [Alt] + [-].

15. Menampilkan Foto di Dua Jendela

Saat mengolah gambar atau foto, seringkali anda perlu melakukan perbesaran agar pixel terlihat jelas. Agar lebih mudah lagi, tampilan foto asli dan bagian yang di zoom dalam 2 jendela terpisah.  Klik menu [Window] > [Arrange] > [New window].

16.  Merekatkan Semua Palette

Untuk merekatkan semua palette menjadi satu strip, lakukan drag & drop sebuah palette ke bagian bawah palette lainnya.
17. Menambah Shortcut
Photoshop menyediakan tombol shortcut untuk mempercepat kerja anda.  Apabila anda ingin menambah shortcut untuk menu aplikasi,  tool, atau menu palette, maka klik menu [Edit] > [Keyboard shortcut] sehingga muncul boks dialog keyboard Shortcuts and Menus.
18. Menggunakan Script
Photoshop mendukung penggunaan script. Pertama, download sebuah script dan copy-kan ke dalam folder C:\Program file\Adobe\Photoshop\Presets\Scripts\. Lantas restart photoshop dan klik menu [file] [Script]. Pilih script dari daftar yang memilki ekstensi .js atau .jsx.
19. Mengatur Opacity
Numerik keypad  dapat anda manfaatkan  untuk mengubah tingkat Opacity dari sebuah layer. Misalnya, ketika angka 7 maka tingkat Opacity menjadi 70. Anda bisa menggunakan cara ini untuk tool di Photoshop yang menggunakan Opacity, misalnya Brush Tool, Stamp tool, Gradient Tool, Paint Bucket Tool, dan sebagainya.

20. Menampilkan Hasil Kerja

Menekan tombol [Tab] di keyboard akan menyembunyikan tools palette dan palette lain yang ada di area kerja. Menekan tombol [F] akan mengubah mode tampilan menjadi Full Screen. Dengan menggunakan dua tombol shortcut ini, anda bisa melihat hasil kerja dalam tampilan Full Screen tanpa adanya palette. Anda juga bisa menekan [Ctrl] + [Alt] + [0] untuk menampilkan hasil kerja sesuai ukuran layar, sementara menekan [Ctrl] + [0] akan men-zoom hingga 100%.
21. Menggunakan Measure Tool Dengan menggunakan [Measure Tool], gambarlah garis lalu tekan tobol [Alt] dan bikin lagi garis lain dari titik akhir garis pertama. Kini anda dapat mengukur sudutyang di bentuk oleh kedua garis.
22. Meluruskan Gambar
Gambar yang biasanya anda peroleh dari hasil scanning biasanya kurang rapi dan miring. Klik [Eyedropper Tool], lalu klik pada bagian kiri dari tepi gambar dan bagian kanan. Pilih menu [image] > [Rotate Canvas] > [Arbitrary]. Photoshop akan member tingkat putaran yang harus anda lakukan agar gambar lurus, dan klik [OK]. Lalu anda tinggal menghilangkan sisa bagian tepi atau mewarnainya menjadi bingkai.
23. Menggunakan Zoom Tool
Ketika anda mengaktifkan zoom tool, maka jika paduan tombol [Ctrl] + [Space] ditekan maka berfungsi sebagai zoom in. Sebaliknya [Alt] + [Space] untuk men-zoom out.
24. Mengubah Mode Layar
Tekan tombol [F] maka anda bisa mengganti tampilan layar.
25. Menggambar Garis Lurus
Klik [Pen Tool], arahkan pada area kerja dan klik pada satu titik. Arahkan ke lokasi yang baru sembari menekan tombol [Shift], lalu klik lagi. Kini garis lurus muncul di area kerja.
26. Boks Tambahan Move Tool
Ketika anda memilih [Move Tool] maka ada dua Boks fungsional di bagian atas yang dapat diaktifkan, auto select layer dan show bounding box (photoshop versi 7 dan sebelumnya). Mulai Photoshop versi CS, boks tersebut menjadi auto select layer, auto select group, dan show transform controls.
27. Mengubah Opacity
Ketika anda menggunakan brush Tool atau Tool lainnya ganti tingkat persentase opacity dengan mengetikan angka. Mengetikan satu angka misalnya 1 berarti persentasenya 10%. Apabila mengetikan dua angka berarti persentasenya pasti, misalnya menekan 3 dan 6 berarti persentasenya 36%.
28. Membatalkan Lasso Tool
Ketika anda menggunakan [Polygonal Lasso Tool] maka tekan [Backspace] untuk membatalkan perintah lasso.
29. Memperbesar Tampilan
Klik-Dobel [Zoom Tool] maka tampilan gambar menjadi 100%. Klik-Dobel [Hand Tool] maka tampilan gambar akan disesuaikan dengan resolusi gambar.
30. Menggandakan Objek
Apabila anda ingin menggandakan objek dengan posisi yang sejajar dan ukuran yanag sama, klik [Move Tool] dan tekan tombol [Alt]. Lantas geser mouse anda untuk membuat duplikat objek. Tekan [Shift] + [Alt] maka anda bisa menggeser objek sepanjang satu axis.
31. Mengubah Sapuan Brush
Jika Brush Tool dalam keadaan aktif, ketika menekan tombol [Shift] + [ [ ] maka memperlunak sapuan brush atau [Shift] + [ ] ] untuk memperkeras sapuan brush.

32. Menggunakan Stamp Tool

Clone Stamp Tool digunakan untuk men-copy area  dari gambar dengan cara menekan tombol [Alt] +  mengklik area. Lantas pulas ke area lain sehingga terbentuk cloning yang serupa. Cara ini juga bisa di gunakan untuk multi-gambar.

33. Menggantikan Hand Tool

Hand Tool dapat digantikan dengan memencet tombol [Space] yang ada di keyboard.

34. Menampilkan Semua Brush

Kadang tidak semua Brush yang dimiliki Photoshop bisa  muncul di layar. Klik [Brush Tool], lalu klik tanda panah kecil yang ada  di toolbar dan pilih [Preset Manager] sehingga  tampil menu yang memuat brush. Klik brush pertama dan scroll down hingga ke bagian bawah. Tekan [Shift] dan klik brush terakhir sehingga semua brush terpilih. Klik [Save Set] dan namai kumpulan brush tersebut.
35. Memilih Ukuran Brush
Ketika [Brush Tool] aktif, tekan “ ] ” atau “ [ “ untuk memilih ukuran Brush.
36. Membuat Garis Lurus
Ketika anda membuat bentuk polygonal dengan menggunakan [Polygonal Lasso Tool] tekan [Shift] agar terbentuk garis lurus.

37. Mengganti Burning Tool ke Dodge Tool

Tekan tombol [Alt] ketika anda ingin mengubah dari [Burning Tool] ke [Dodge Tool], begitu pula sebaliknya.

38. Menyembunyikan Path

Path yang telah anda bikin dengan menggunakan Pen Tool bisa anda munculkan dan sembunyikan dengan cepat. Tekan tombol [Ctrl] + [Shift] + [H] secara bersamaan.
39. Berpindah File
Jika anda membuka beberapa file gambar sekaligus di area kerja, maka anda bisa berpindah dari satu file ke file lain dengan cara memencet tombol [Ctrl] + [Tab].
40. Melihat Hasil Simpanan File Terakhir
Dengan menekan tombol [F12] maka akan menampilkan file yang terakhir kali anda simpan.
41. Menggunakan Shortcut untuk Channel
Anda bisa menggunakan tombol cepat keyboard atau shortcut untuk menampilkan Channel: RGB, CMYK, indexed color.
[Ctrl] + [~] = RGB
[Ctrl] + [1] = Red
[Ctrl] + [2] = Green
[Ctrl] + [3] = Blue
[Ctrl] + [4] = Path lain
[Ctrl] + [9] = Path lain
[Ctrl] + [~] = CMYK
[Ctrl] + [1] = Light Green/Cyan
[Ctrl] + [2] = Pink Red/Magenta
[Ctrl] + [3] = Yellow
[Ctrl] + [4] = Black
[Ctrl] + [5] = Path lain
[Ctrl] + [9] = Path lain
42. Menggunakan Navigator
Tekan tombol [Ctrl] maka kotak merah di panel navigator akan muncul kaca pembesar dan menunjukan bagian detail dari foto yang anda lihat.
43. Meng-copy History
Takan [Alt] dan klik pada salah satu langkah di panel history, maka langkah tersebut akan digandakan dan dijadikan langkah paling baru.
44. Meng-copy Action
Pencet tombol [Alt] dan Drag sebuah langkah yang ada di salah satu Action ke Action yang lain.
45. Mentransformasi Objek
Tekan tombol [Shift] + [Alt] ketika anda mentransformasi sebuah objek agar ukurannya proporsional.
46. Menentukan Titik Awal
Ketika anda menggunakan [Marquee Tool] tekan tombol [Alt] maka akan membuat titik awal sebagai pusat seleksi.

47. Membatalkan Seleksi

Untuk membatalkan seleksi atau Deselect, maka tekan tombol [Ctrl] + [D]. Untuk menyeleksi lagi tekan [Ctrl] + [Shift] + [D].
48. Memastikan Crop
Untuk memastikan penggunaan Crop tepat berada di tepi gambar, maka tekan tombol [Ctrl] saat meng-croping.
49. Menggunakan Mask
Apabila ada Mask pada layer  dan anda akan menambahkan gambar baru ke dalamnya, maka copy gambar tersebut dengan menekan [Ctrl] + [C] lalu arahkan pada layer  bersisi Mask tadi dan tekan [Ctrl], maka terpilih Layer Mask. Berikutnya tekan [Shift] + [Ctrl] + [V] untuk membuat hasil copy-an gambar ke dalam Mask. Gambar tadi menjadi sebuah layer baru.

50. Memindahkan Seleksi

Apabila anda menyeleksi objek atau gambar dengan Marquee Tool, maka untuk memindahkan objek tersebut bisa dilakukan dengan menekan tombol [Space Bar].
51. Back Anda Forward Secara Cepat
Tekan paduan tombol [Ctrl] + [Alt] + [Z] untuk menggantikan fungsi Back dan tombol [Ctrl] + [Shift] + [Z] untuk Forward.
52. Mengontrol Via Keyword
Apabila anda membuka gambar berukuran besar, anda bisa menggunakan tombol-tombol yang ada di keyboard untuk mengatur tampilan.
•    Home = Berpindah ke pojok kiri atas.
•    End = Berpindah ke pojok kanan bawah.
•    PageUp = Berpindah ke atas satu halaman.
•    PageDown = Berpindah ke bawah satu halaman.
•    Ctrl + PageUp = Berpindah ke kiri satu halaman.
•    Ctrl + PageDown = Berpindah ke kanan satu halaman.
•    Shift + PageUp =  Berpindah ke atas 10 pixel.
•    Shift + Page Down = Berpindah ke bawah 10 pixel.
•    Ctrl + Shift + PageUp = Berpindah ke kiri 10 pixel.
•    Ctrl + Shift + PageDown = Berpindah ke kanan 10 pixel.

53. Berpindah Foreground dan Background

Tekan tombol [X] untuk berpindah dari foreground color ke background color.
54. Menekan Tab
Tekan tombol tab di QWERTY keyboard computer maka akan menyembunyikan palette.

55. Mengeset Ulang

Di Photoshop semua tombol [Cancel] pada sebuah jendela dapat berubah menjadi tombol [Reset] dengan cara menekan tombol [Alt].
56. Membuat Kursor Akurat
Tekan  tombol [Caps lock] pada keyboard agar kursor mouse berubah lebih akurat.
57. Menekan Tombol Control
Jika anda menekan tombol [Ctrl] untuk sementara waktu maka semua tool akan berfungsi sebagai Move Tool hingga anda melepas tombol [Ctrl] kembali.
58. Memilih Transparan
Tekan [Ctrl] + [klik sebuah layer thumbnail] untuk memilih Layer Transparency.
59. Meng-copy Area Tertentu
Apabila anda memilih area tertentu dari sebuah foto atau gambar maka dengan menekan [Ctrl] + [J] akan tercipta layer baru yang berisi copy dari area tersebut. Cara ini kebalikan dari meng-copy layer, membuat layer baru dan mem-paste.
60. Membatalkan Sejumlah Perintah
Tekan [Crl] + [Alt] + [Z] akan membatalkan beberapa perintah.
61. Menduplikat Gambar
Tekan tombol [Ctrl] + [Alt] dan klik pada gambar atau objek. Lalu drag dan pindahkan ke lokasi baru. Kini akan muncul duplikat dari gambar tersebut.
62. Menekan Tombol Space
Apabila tombol [Space] pada keyboard ditekan untuk sementara waktu, maka semua tool akan berubah menjadi Hand Tool. Untuk mengakhirinya lepaskan tombol [Space] kembali.

63. Membuat Clipping Mask

Tekan [Ctrl] + [Alt] + Klik diantara dua leyer di dalam palette maka akan membuat layer sebagai Clipping Mask bagi layer lainnya. Untuk melepaskan Clipping Mask, klik tombol yang sama atau klik kanan dan pilih [Release Clipping Mask].

64. Membuat Lingkaran Jam

Buatlah file baru dengan ukuran 500×500 pixel. Lalu bikin layer baru. Klik [Brush Tool] dan bikin sebuah lingkaran dot di bagian tengah atas. Tekan [Ctrl] + [Alt] + [T] maka akan menggandakan layer orisinal berikut transformasinya. Pindahkan titik tengah objek/pivot point ke bagian tengah gambar. Lalu putar lingkaran tadi dengan sudut 30 derajat dari kotak [Set Rotation] di toolbar atau dengan mouse. Lalu klik [Ok]. Nah, akan muncul lingkaran baru. Tekan [Ctrl] + [Shift] + [Alt] + [T] sebanyak 10 kali untuk membuat lingkaran sisanya.

65. Menghilangkan Background Objek

Pilih Background dari sebuah objek yang akan dihilangkan dengan menggunakan Magic Wand Tool atau dengan Pen Tool. Setelah terseleksi, tekan [Ctrl] + [I] maka background akan hilang dan berubah warna menjadi hitam. Tekan [Shift] + [Ctrl] + [I] untuk melakukan Inverse Selection. Jika anda menekan [Ctrl] + [X] maka bagian objek yang akan dihilangkan.
66. Mentransformasi Layer
Ketika anda mengubah ukuran objek lewat free transform dengan menekan [Ctrl] + [T], tekan tombol [Alt] untuk menyimpan gambar asli dan mentransformasi ukuran layer duplikat. Tekan tombol [Ctrl] + [Shift] + [T] untuk mengulang transformasi terakhir.
67. Menduplikat Layer
Menekan tombol [Ctrl] + [J] secara bersamaan untuk membuat layer duplikasi yang ada di panel.
68. Menggabungkan Layer
Tekan tombol [Ctrl] + [Shift] + [E] akan menggabungkan semua layer yang terlihat ke dalam satu layer. Sementara menekan tombol [Ctrl] + [Shift] + [Alt] + [E] akan membuat salinan dari layer orisinal dan menggabungkan semua layer yang tampak.

69. Menggabungkan Layer

Pilih layer, kemudian tekan tombol [Alt] dan klik pada bagian atas dari layer lain untuk menggabungkannya menjadi satu. Trik ini hanya berlaku untuk Photoshop versi 7 dan sebelumnya.

70. Mengubah Urutan Layer

Tekan tombol [Ctrl] + [[] atau []] akan memindahkan layer terpilih ke urutan atas atau bawah. Tombol [Ctrl] + [Shift] + [[] atau []] akan memindahkan layer ke urutan paling atas atau paling bawah.

70 Tips & Trik Photoshop

Notes :
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow [ Join With us ] 100% saya Akan Follow back